Sekolah
memiliki dokumen kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memuat
komponen yang dipersyaratkan dan telah disyahkan oleh Dinas Pendidikan.
Penyusunan KTSP dilakukan secara mandiri dengan membentuk Tim Penyusun KTSP.
Komponen KTSP memuat tentang Visi, Misi, Tujuan, dan Struktur. KTSP dilengkapi
dengan Silabus yang penyusunannya melibatkan seluruh guru di Satuan Pendidikan
SD Negeri 2 Nusa Serasan.
Adapun Aspek Indikatornya adalah sebagai berikut :
1. Memiliki Dokumen Kurikulum.
a. Dokumen KTSP yang di sahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan.
b. KTSP disusun dengan memperhatikan acuan operasional yang mencakup:
1. Memiliki Dokumen Kurikulum.
a. Dokumen KTSP yang di sahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan.
b. KTSP disusun dengan memperhatikan acuan operasional yang mencakup:
*) Agama.
*)
Peningkatan Iman dan Taqwa serta akhlak mulia.
*) Persatuan
Nasional dan nilai kebangsaan.
*) Tuntutan
pembangunan daerah dan Nasional.
*)
Peningkatan Potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan
dan kemampuan peserta didik.
*) Keragaman
potensi dan karakteristik lingkungan.
*) Dinamika
perkembangan global.
*) Tuntutan
Dunia Kerja.
*) Kondisi Sosial
Budaya Masyarakat.
*)
Kesetaraan jender.
*)
Karakteristik Satuan Pendidikan.
c. Proses
Penyusunan Dokumen.
*) Membentuk
Tim Penyusun KTSP.
*) Menyusun
Program dan Jadwal Kerja Tim Penyusun KTSP yang termasuk penyusun Draf, reviu,
revisi, finalisasi, pemantapan dan penilaian keterlaksanaan KTSP.
*)
Menganalisis konteks dan menyusun hasil analisis berupa :
- SI, SK dan
KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi
Indikator,
Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan/Media Pembelajaran.
- Analisis
Kondisi Satuan Pendidikan.
*)
Menganalisis Peluang dan Tantangan.
2. Komponen KTSP memuat :
a. Visi, Misi, Tujuan Pendidikan dan Strategi yang mencerminkan upaya untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang berkualitas.
b. Struktur dan Muatan KTSP yang mencakup :
*) Mata Pelajaran dan Alokasi waktu berpedoman pada struktur Kurikulum yang tercantum dalam Standar Isi.
*) Program Muatan Lokal (mencakup Jenis Program dan Strategi Pelaksanaan).
*) Kegiatan Pengembangan diri ( Mencakup jenis program dan Strategi pelaksanaan )
*) Pengaturan beban Belajar.
*) Ketuntasan Belajar.
*) Kenaikan kelas dan kelulusan.
*) Mutasi Peserta didik
*) Pendidikan Kecakapan Hidup.
*) Pendidikan berbasis keunggulan Lokal dan Global.
3. Penyusunan Silabus.
a. Disusun / dikembangkan secara mandiri dengan
melibatkan seluruh guru di SD Negeri 2 Nusa Serasan
b. Silabus disusun dan dikembangkan melalui proses
penjabaran SK dan KD menjadi Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan
Pembelajaran dan Jenis Penilaian.
c. Mencakup seluruh mata pelajaran.
d. Memanfaatkan berbagai panduan dan contoh silabus yang dikembangkan oleh Pusat sebagai referensi dalam penyusunan Silabus di SD Negeri 2 Nusa Serasan
c. Mencakup seluruh mata pelajaran.
d. Memanfaatkan berbagai panduan dan contoh silabus yang dikembangkan oleh Pusat sebagai referensi dalam penyusunan Silabus di SD Negeri 2 Nusa Serasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar